Tutorial Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Di Shopee

Ada banyak cara memulai bisnis online, mengingat ini adalah cara paling fleksibel dalam menghasilkan cuan. Salah satunya yang memudahkan adalah dengan bergabung di berbagai marketplace besar layaknya Shopee, memasarkan dagangan disana sehingga target pasar menjadi meluas. Selain Shopee, ada banyak juga marketplace yang lain yang juga bisa kamu manfaatkan secara bersamaan seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, BliBli, dan masih banyak lainnya. Jika kamu bisa punya akun bisnis di setiap marketplace tersebut tentu akan sangat banyak memberikan keuntungan.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara memulai bisnis online dari nol lewat Shopee, disini kita akan menjelaskan kepada kalian step-step yang harus kalian lewati.

Kenapa Kamu Harus Mendaftarkan Tokomu di Marketplace Besar?

Shopee merupakan platform yang besar dan bahkan bisa shipping internasional. Tentunya hal tersebut bisa menjadi peluang kamu dalam memasarkan produk jualanmu. Nah sebagai pemulai dalam bisnis online kenapa sih kamu harus bergabung di marketplace besar?

  • Berjualan di marketplace besar kamu hanya butuh modal smartphone. Sehingga proses jual beli bisa lebih praktis dan cocok bagi siapa saja yang ingin menghasilakan cuan secara fleksibel.
  • Marketplace besar punya pelanggan yang besar dan terus berkembang.
  • Sudah terintegrasi secara tepat dengan berbagai jasa pengiriman paket.
  • Menyediakan banyak promo sehingga memungkinkan untuk banyak pelanggan yang akan berkunjung ke tokomu.
  • Marketplace bisa membantu kamu branding terkait produkmu secara cuma-cuma

Beberapa hal tersebut adalah sebagian kecil keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila bergabung di marketplace seperti Shopee. Masih banyak hal yang akan kamu dapatkan apabila bisa memanfaatkan dengan tepat platform tersebut.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online di Shopee

Apabila kita lihat orang-orang disekiling kita, kita akan menemukan sebuah fenomena dimana sudah banyak orang yang mengenal marketplace besar sekelas Shopee. Dari mulai anak-anak hingga orangtua mengerti bahwa urusan belanja online kita lakukan lewat Shopee.

Nah tentunya sebagai orang yang ingin memulai dunia bisnis online harus paham bagaimana cara memulai bisnis online lewat platform tersebut. Dengan begitu keuntungan yang akan kamu dapatkan akan semakin besar dan lapak jualanmu pun bisa berkembang lagi.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pemula yang ingin memulai bisnis online di Shopee:

  • Mendaftar akun jualan Shopee

Langkah yang pertama tentunya kamu harus punya akun jualan di Shopee karena bila kamu tidak punya akun disana tentunya kamu tidak bisa jualan di platform tersebut. Yang perlu kamu siapkan tentunya ada email yang aktif dan nomor hp yang aktif. Kemudian isi formulir yang telah mereka sediakan.

Jika sudah nantinya kamu harus memverifikasi akun tersebut lewat email yang dikirimkan ke alamatmu. Kamu juga perlu memasukkan kode OTP untuk bida menyelesaikan proses pendaftaran akun jualan tersebut.

  • Membuat Toko Online

Jika kamu sudah mempunyai akun Shopee maka selanjutnya kamu perlu mengunjungi situs Shopee di browser kamu atau lewat aplikasi kamu. Pilih atau klik JUAL yang bias any ada di bagian pojok kiri atas. Kamu juga perlu melengkapi isi profil toko yang isinya nama toko, deskripsi produk yang kamu juga, foro profil dan juga banner brand yang kamu jual.

Apabila kamu sudah berhasil melewati langkah ini maka lanjut mendaftarkan alamat toko dan juga jasa pengiriman yang memungkinkan untuk kamu gunakan. Kamu juga perlu untuk mencantumkan rekening bank guna memudahkan proses pencairan hasil ke rekeningmu.

  • Mengupload Produk Jualan

Saat mengupload sebuah produk jangan lupa sediakan gambar atau video yang berkualitas baikĀ  dan bisa kita lihat dengan jelas produknya.

Kemudian kamu juga harus memberikan detail baik itu nama produk, jenisnya, deskripsi produk, kemudian ukurannya, brandnya dan sebagainya. Biasanya Shopee akan menjalankan pemeriksaan terhadap produk yang kamu jual dalam kurun waktu 1 hari kerja.

  • Mempromosikan Produk Jualan

Jika produk sudah terverifikasi dan bisa tampil di toko onlinemu maka lanjut dengan proses promosi. Biasanya pihak marketplace akan memberikan penjual kesempatan untuk mempromosikan produknya setiap empat jam sekali. Kamu juga bisa mempromosikan toko atau produkmu lewat tautan yang kamu bagikan di sosial media.

Tips Bisa Lancar Jualan Online di Marketplace Sekelas Shopee

Mudah bukan cara memulai bisnis online, tapi untuk bisa bertahan atau survive perlu usaha lebih yaa. Nah berikut ini tips yang bisa sharingkan kepada kalian :

  • Selalu aktifkan fitur gratis ongkir karena setiap pelanggan pasti ingin mendapatkan promo tersebut.
  • Mengembangkan produk, jualan sebanyak mungkin jenis produkmu dengan begitu peluang untuk kamu mendapatkan pembeli semakin besar.
  • Ajaklah orang untuk mengikuti toko onlinemu dengan semakin banyak followersmu maka semakin mudah untuk membangun kepercayaan pembeli.
  • Mengikuti program khusus dari marketplace misalnya flash sale dan sebagainya.
  • Lakukan survey terhadap produk yang sedang trend, dengan begitu kamu akan tau produk apa yang paling banyak dicari dan dibutuhkan. Jika memang nantinya banyak toko yang menjual produk serupa maka coba turunkan harga jualmu.
  • Selalu lakukan rekap jualan, dengan adanya rekap jualan maka kamu bisa menganalisi perkembangan toko onlinemu secara sistematis. Dan kedepannya akan lebih mudah mengembangkannya.

Nah bagaimana sudah paham kan cara memulai bisnis online dari nol dan bagaimana agar bisa survive. Ingat yaa jangan bosan-bosan untuk promosi dan memberikan banyak promo karena dari situ kita bisa meningkatkan proses penjualan produk kita. Yuk mulai cari uang dengan cara yang lebih fleksibel terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan tambahan bagi keluarganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *