Penyebab Iritasi Mata Sehabis Berenang

Diantara kamu siapa yang suka berenang? Berenang merupakan aktivitas yang sangat menyehatkan karena dapat menguatkan otot, tulang, pernapasan, jantung, bisa meredakan radang sendi dan sebagai metode relaksasi yang menyehatkan. Tapi kebanyakan dari kamu sehabis berenang mengalami mata merah, nah apa sih yang jadi penyebab iritasi mata ini?

Alasan Dibalik mata Merah Sehabis Berenang

Penyebab iritasi mata atau mata merah setelah berenang penting untuk diketahui seseorang yang aktivitas kesehariannya tidak luput dari berenang. Karena dengan begitu ia dapat melakukan tindakan pencegahan ataupun perawatan yang tepat setelah berenang.

Berdasarkan keterangan dari Centers for Desease Control and Prevention, seorang perenang yang mengalami mata merah setelah berenang biasanya karena air kolam yang terkontaminasi dengan urine dan keringat yang berikatan dengan klorin. Sehingga tercipta senyawa kimia yang menyebabkan mata merah ketika terpapar.

Kondisi mata merah ini bisa menjadi lebih parah ketika kolam renangnya ada di dalam ruangan. Kenapa? Karena kolam renang di dalam ruangan minim perputaran udara sehingga tercipta reaksi kimia. Akibatnya iritasi mata yang terjadi lebih parah.

Klorin memang bisa untuk membersihkan kolam berenang, tetapi dampak berakibat buruk ketika tidak ada sirkulasi udara yang baik. Kolam berenang dengan bau klorin yang kuat selama ini dianggap sebagai cara sterilisasi yang baik, padahal itu adalah tanda bahwa klorin sudah terkontaminasi urine dan keringat. Padahal seharusnya kolam berenang yang sehat tidak mengeluarkan bau kimia yang terlalu kuat.

Tindakan yang Perlu Dilakukan Ketika Kolam Berenang Berbau Klorin Kuat

Bau klorin yang kuat jangan jadikan hambatan untuk kamu melakukan aktivitas berenang. Tindakan yang perlu kamu lakukan adalah selalu mawas diri dan tidak menyepelekan saran untuk selalu membasuh badan baik sebelum maupun sesudah berenang. Jangan sampai air kolam dengan klorin terminum ketika berenang.

Perenang juga harus setuju dengan larangan untuk tidak berkemih di kolam renang mengingat reaksi yang ditimbulkan urine dengan ari kolam. Selain itu usahakan untuk kamu selalu memilah tempat berenang yang kebersihannya terjaga. Kemudian gunakan kacamata renang dan melepas softlens saat renang dengan begitu mata akan terhindar dari infeksi.

Terakhir pastikan kamu membilas tubuh dengan air bersih selepas berenang, karena car aini lebih efektif menjaga kebersihan tubuh termasuk mata. Namun apabila mata merah yang kamu lamai selepas berenang sangat mengganggu, maka pakailah obat tetes mata guna mengurangi rasa nyeri maupun perih. Selain itu selepas berenang dan tubuh sudah bersih, kamu bisa mengompres mata menggunakan handuk dingin atau kantung teh yang sudah dibasahi selama 5-7 menit. Kamu juga menggunakan timun atau irisan kentang untuk membuat mata lebih rileks.

Disamping cara di atas kamu juga bisa mencoba cara lain seperti membuka dan menutup mata pada udara bersih, tujuannya untuk meningkatkan sirkulasi udara bersih yang masuk ke dalam mata. Caranya yaitu dengan membuka mata secara lebar dalam beberapa detik, kemudian tutup, tahan gerakan dan ulangilah beberapa kali.

Ingat! Usahakan iritasi mata yang kamu alami tidak sampai mengganggu aktivitas olahragamu, khususnya berenang. Pahami setiap gejala pada penyebab iritasi mata yang kamu alami, karena dengan begitu kamu bisa memberikan penanganan yang tepat ketika mata sudah mulai merah. Bila mata merah yang dialami perenang semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata. Jangan panik dan mengucek mata yang sedang merah karena dapat membuat mata meradang dan memperparah kondisi yang kamu alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *