Jangan Remehkan! Inilah 8 Manfaat Wedang Jahe

Ternyata rutin mengonsumsi wedang jahe sangatlah bermanfaat. Hal ini karena adanya kandungan karbohidrat, protein, asam folat, kalium, vitamin B6, vitamin B3, magnesium, zinc, fosfor, vitamin C, zat besi, gula, dan lemak di dalamnya. Simak pembahasan mengenai berbagai manfaat untuk tubuh Anda berikut.

1.     Menghilangkan Rasa Mual

Minuman jahe memang dikenal sebagai ramuan ampuh yang mampu menghilangkan rasa mual. Karena ampuh menangkal mual, maka minuman jahe sering digunakan menangkal efek samping pada saat pemulihan setelah operasi, mual saat hamil, dan kemoterapi.

2.     Mengurangi Reaksi saat Alergi

Berdasarkan pada penelitian, minuman jahe mampu terbukti mampu meredakan alergi. Khasiat ini muncul karena sebagai salah satu tanaman herbal mempunyai efek berupa antiradang. Sehingga, mampu untuk meredakan reaksi pada peradangan yang diakibatkan alergi.

3.     Mampu Mengontrol Tekanan Darah

Minuman rempah ini memang terbukti ampuh untuk mencegah penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah. Sehingga, para ahli menyarankan Anda rutin mengkonsumsi minuman ini demi meningkatkan kesehatan jantung.

4.     Mencegah Resiko Osteoarthritis dan Rematik

Adanya kandungan gingerdione, zingeron, dan gingerol mampu untuk mengurangi peradangan. Selain itu mampu mencegah adanya peradangan yang berasal dari rematik dan nyeri sendi osteoarthritis. Dengan demikian, Anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi minuman rempah ini demi memelihara kesehatan jantung.

5.     Baik untuk Program Diet

Dengan mengkonsumsi minuman jahe, Anda menjadi merasa lebih kenyang. Hal ini mampu menjadi membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian terhadap 10 pria, dengan mengkonsumsi secara rutin minuman jahe panas sesudah sarapan, mampu membuat rasa kenyang menjadi lebih lama dibanding dengan sarapan.

Selain membuat lebih kenyang, tanaman jahe mampu meningkatkan metabolisme, sehingga membuat tubuh Anda lebih efektif membakar lemak. Selain itu, mampu untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh.

6.     Meredakan Sakit

Wedang jahe memang selama ini terbukti mampu untuk mengobati peradangan. Berdasarkan penelitian, jahe mampu untuk menghilangkan kram menstruasi, sakit kepala, rasa sakit, dan berbagai jenis nyeri lain.

7.     Mencegah Terjadinya Komplikasi Diabetes

Sifat anti radang pada tanaman rempah ini mampu untuk mencegah adanya berbagai gejala komplikasi diabetes. Gangguan komplikasi tersebut diantaranya stroke, penyakit jantung, dan diabetes. Demi mendapatkan manfaat ini, maka para ahli menyarankan mencampur minuman jahe ditambah bubuk kayu manis.

8.     Sebagai Pereda saat Nyeri Haid

Secara ilmiah, minuman jahe telah terbukti mampu meredakan nyeri saat haid. Bahkan, dalam sebuah penelitian, mampu membuktikan bahwa minuman rempah ini tidak kalah dibanding dengan obat pereda nyeri lain untuk mengatasi nyeri ketika haid. Berdasarkan penelitian terbaru, jahe terbukti lebih unggul dibanding dengan plasebo serta sama efektif dengan obat-obatan seperti mefenamat dan asetaminofen.

Demikian berbagai manfaat dari minuman jahe untuk kesehatan Anda. Dapatkan berbagai artikel bermanfaat lain dengan mengunjungi situs Orami. Dengan demikian, Anda memiliki berbagai referensi penting lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *