Ini Dia Tips Menggambar dengan ZWCAD Mechanical Efektif dan Efisien!

Sudahkah Anda tahu bagaimana tips menggambar dengan ZWCAD mechanical yang efektif? Jika belum artikel ini memberikan solusi untuk Anda! Membicarakan tentang desain gambar sangat menarik. Diperlukan teknik dan tips yang tepat lho agar gambar dan desain yang dihasilkan lebih presisi. Anda juga harus memahami informasi geometris dan manufaktur. Nah, agar Anda bisa menghasilkan gambar yang lebih efektif, efisien dan presisi, yuk simak tips menggambar dengan ZWCAD mechanical berikut ini!

 

Menggunakan Elemen Mekanik Siap Pakai

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan elemen mekanik siap pakai. Elemen yang satu ini bisa Anda temukan pada desain center. Disini Anda bisa menemukan banyak sekali suku cadang mekanis yang bisa Anda gunakan saat desain mekanikal. Anda membutuhkan desain center yang bisa membantu Anda mudah dalam menemukan gambar bahkan daftar blok dengan layers, lines types dan sebagainya.

Jika memungkinkan Anda bisa melakukan drag pada elemen mekanis yang didokumentasikan dari pusat desain langsung pada ruang model. Anda juga bisa mengelola dan menggunakan kembali file pada bagian ZWCAD lebih mudah dengan desainer mekanikal.

Akses dan Simpan Alat Mekanikal di Palet Tools

Apa itu palet tools? Nah, palet tools merupakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan bagian-bagian yang sering Anda gunakan. Misalnya saja arsiran, simbol anotatif, alat gambar dan sebagainya. Anda juga bisa menyimpan tools sekrup yang sering digunakan. Anda bisa menyeret sekrup ke alat palet agar mudah digunakan di masa yang mendatang. Menggunakan fitur yang satu ini Anda lebih mudah memasukan simbol anotatif.

Wire –Cut Letters Lebih Presisi Dengan TXTEXP

Tips menggambar dengan ZWCAD Mechanical yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memanfaatkan fitur wire cut letters. Dalam desain mekanis Anda pasti memerlukan pemotongan kabel dari waktu ke waktu. Jika Anda memotong bahan dalam bentuk huruf, Anda bisa menggunakan TXTEXP atau Text Explode yang sesuai Anda butuhkan. Anda bisa melakukan explode object teks dan mtext menjadi polyline 2D.

Jalankan Perintah dengan Mouse

Anda bisa menggunakan DIMALIGNER dan DIMANGULAR yang bisa Anda gunakan setiap hari oleh mekanikal desainer. Untuk memudahkan pekerjaan Anda, ZWCAD Mechanical dilengkapi dengan Smart Mouse. Anda bisa menggunakan dimensi dengan fitur smart mouse yang jauh lebih praktis. Anda juga bisa memasangkan gerakan mouse dengan menggunakan perintah. Silahkan tahan tombol mouse dan seret mouse ke trek untuk bisa menjalankan perintah yang lebih sesuai.

Pilih Elemen Mekanikal Lebih Cerdas

Saat menggambar mekanikal, mungkin Anda akan melakukan penghapusan beberapa jenis dimensi sebelum pengaturan ulang elemen dalam gambar Anda.  Menggunakan elemen tersebut Anda bisa memilih dan menghapus semua elemen sekaligus sehingga tidak memakan waktu untuk melakukan satu per satu terutama desain yang mendekati mekanikal.

Saat mendesain mekanikal, Anda akan menemukan elemen gambar part yang jumlahnya tidak pernah terhitung. Adanya fitur Smart Select Anda akan sangat terbantu sekali karena Anda bisa menjalankan semua perintah SMARTSEL. Smart Select membantu Anda menampilkan semua properti dari semua objek pada semua gambar yang ada pada saat ini.

Anda bisa menyesuaikan semua filter yang kriterianya jenis objek, warna, lapisan dan sebagainya. Objek yang cocok dengan kriteria filter tersebut bisa disorot pada ruang model. Hal ini bisa membantu Anda memilih dengan cepat dan membantu Anda mendesain mekanikal Anda.

Tambah Skala Anotatif

Desainer mekanik memerlukan banyak keterangan pada dimensi. Keterangan tersebut sangat berguna meski kadang sulit untuk Anda tangani. Terlebih lagi jika Anda merencanakan gambar dan area pandang dengan skala yang berbeda.

Nah, untuk mengatasi masalah menyelesaikan skala yang dilakukan dengan cara manual silahkan gunakan skala anotatif. Caranya pun mudah saja, Anda bisa menambahkan skala anotatif ke objek anotatif seperti pemimpin, garis arsir, pemimpin dan sebagainya. Objek yang telah diberikan skala tersebut secara otomatis juga bisa menyesuaikan skalanya pada setiap area pandang ZWCAD Mechanical.

Plot Objek Mekanis

Tips menggambar dengan ZWCAD Mechanical terakhir Anda bisa membuat banyak frame di tempat Anda menggambar objek mekanis yang berbeda-beda. Sayangnya hal tersebut justru bisa membuat Anda kesulitan. Terutama dalam merencanakan semuanya sekaligus karena Anda harus melakukan pemilihan satu per satu.

Untungnya ada fitur Smart Plot, bisa membuat frame otomatis Anda menjadi lebih dikenali oleh blok, layer maupun garis pencar. Dengan menggunakan pengaturan yang cerdas, mudah bagi Anda mencetak secara kolektif, bahkan mengubah menjadi file PDF satu halaman atau multi halaman. Anda juga bisa mengubah setiap frame menjadi DWG individual. Secara singkatnya Smart Plot tidak hanya akan memfasilitasi plotting saja namun juga membantu Anda dalam melakukan manajemen gambar.

ZWCAD Memiliki Banyak Kelebihan

Banyak yang membandingkan ZWCAD dengan AutoCAD. Bahkan tidak jarang yang memandang ZWCAD sebelah mata karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan AutoCAD. Meski harganya murah ZWCAD miliki sejumlah kelebihan yang tidak akan didapatkan pada AutoCAD.

Kelebihan yang paling menonjol adalah menu File Compare yang tidak dimiliki oleh AutoCAD.  Fitur yang satu ini digunakan untuk membandingkan dua draft gambar yang terlihat serupa. ZWCAD mampu menampilkan dua draf dengan warna berbeda yang bisa digunakan untuk memudahkan perbandingan.

ZWCAD juga memiliki fitur Batch Plot untuk fail PLT atau PRN. Fitur yang satu ini digunakan untuk memungkinkan ZWCAD untuk mengimpor dokumen dalam PLT atau RPN yang dipotong. Di dalam masa yang sama, dokumen bisa digunakan dalam file TXT dan bisa Anda gunakan kembali di lain waktu dengan mengimpornya.

 

Nah, demikianlah beberapa tips menggambar dengan ZWCAD Mechanical yang menarik untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat ya! Untuk Anda yang ingin membeli software Zwcad Mechanical bisa mengakses ke https://www.zwsoft.co.id/zwcad-mechanical/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *