Cara Menggunakan Benang Gigi dan Manfaatnya

Apabila Anda ingin memiliki gigi sehat dan bersih, maka menggunakan benang gigi atau dental floss adalah solusinya. Cara tersebut dikenal mampu membersihkan gigi dengan lebih maksimal dan efektif.

Bagi kebanyakan orang, mungkin metode perawatan gigi dan gusi dengan benang ini masih kurang populer. Namun, jika dilihat lebih lanjut, maka cara ini sebenarnya bisa membuat gigi menjadi lebih sehat.

Nah, lantas seperti apakah cara pemakaian dari dental floss ini? Untuk mengetahui tentang cara pemakaian serta manfaatnya, Anda dapat menyimak langsung pada ulasan di bawah ini.

Cara Menggunakan Benang Gigi

Menjaga kebersihan gigi dengan memakai bantuan benang, caranya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah singkat yang perlu Anda ketahui dalam menggunakan floss untuk membersihkan gigi.

  • Pertama, siapkan benang khusus gigi berukuran 45 cm.
  • Lilit ujung benang di jari tengah kedua tangan Anda
  • Selanjutnya, pegang floss dengan erat dengan jari telunjuk dan jempol.
  • Lanjut selipkan floss ke bagian sela gigi dan gesek dengan pola huruf C
  • Lakukan juga gerakan naik turun dengan lembut
  • Lakukan pembersihan tersebut di bagian gigi lainnya.

Apabila Anda sudah selesai membersihkan sela gigi, maka tinggal kumur saja dengan obat ataupun air biasa. Anda bisa merawat gigi dengan cara ini paling tidak satu kali dalam sehari.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pada saat awal mencoba cara ini, mungkin gusi dapat berdarah karena gesekan. Akan tetapi, hal tersebut tidak usah terlalu dikhawatirkan karena nantinya Anda akan menemukan cara menggunakan floss dengan benar.

Manfaat Bersihkan Gigi Pakai Benang Gigi

Di dalam mulut, kurang lebih terdapat 500 macam bakteri. Oleh karena itu, agar mulut dan gigi tetap bisa sehat, Anda harus rajin untuk merawat gigi baik menggunakan sikat gigi, benang, maupun obat kumur.

Hal ini harus dilakukan secara rutin agar berbagai kotoran sisa makanan tidak menjadi sarang bakteri. Seperti diketahui, bakteri yang berkembang akan menyebabkan berbagai macam penyakit pada mulut dan gigi Anda.

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa penggunaan dental floss setiap hari membuat risiko munculnya masalah pada gusi dan gigi menjadi lebih rendah dibanding yang tidak menggunakannya.

Hal itu tentu dapat terjadi karena plak serta karang gigi akan secara rutin dibersihkan. Alhasil, masalah mulut seperti gigi berlubang, bau mulut, serta gingivitis tidak akan berpotensi menyerang Anda.

Namun, seperti yang dikatakan sebelumnya tadi bahwa penggunaan alat ini harus dilakukan dengan hati-hati. Penggunaan yang kurang tepat dikhawatirkan malah dapat membuat gusi dan gigi malah mengalami kerusakan.

Selain hal tersebut, pemilihan jenis dental floss juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Anda bisa memilih jenis yang berbahan licin agar lebih memudahkan saat diaplikasikan ke sela-sela gigi.

Demikianlah informasi tentang cara penggunaan serta manfaat merawat gigi dengan benang gigi. Selain tentang gigi, Anda juga perlu menambah wawasan kesehatan dengan membaca artikel kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *