Cara Investasi Saham dengan Pendekatan Value Investing

Investasi saham kini semakin mudah untuk dilakukan. Apalagi ada beragam pilihan aplikasi trading saham yang bisa membantu Smart People mendapat imbal hasil optimal. Namun, Smart People harus bisa menerapkan strategi yang tepat demi mencapai target investasi masing-masing. Salah satu caranya dengan menerapkan pendekatan value investing dalam berinvestasi.

Apa Itu Value Investing?

Value investing merupakan sebuah strategi investasi yang sudah banyak diterapkan oleh para investor profesional. Ini merupakan strategi dimana investor akan membeli saham yang diperdagangkan dengan harga yang lebih rendah daripada nilai intrinsik atau nilai buku. Secara singkatnya, investor akan membeli saham yang ditawarkan dengan harga murah.

Saham tersebut memiliki harga yang murah karena dipandang remeh atau undervalued. Selain itu saham ini juga tidak begitu dikenal dan diminati oleh para investor sehingga tidak heran jika harganya lebih murah.

Mengapa investor menerapkan strategi value investing dan tertarik membeli saham dengan harga murah? Tentu membeli saham dengan harga murah adalah hal yang sangat disukai para investor karena tidak perlu keluar modal besar. Harapannya, saham tersebut bisa mengalami peningkatan harga di waktu yang akan datang.

Memang pergerakan harga saham sangatlah fluktuatif. Tidak menutup kemungkinan saham yang nilainya rendah mengalami peningkatan secara signifikan. Biasanya hal ini terjadi saat para investor lain mulai menyadari nilai intrinsik dari saham tersebut. Jika memang nilai saham meningkat, maka investor akan mendapatkan imbal hasil besar dari investasi tersebut.

Cara Menerapkan Value Investing

Apakah Smart People tertarik untuk melakukan investasi saham dengan pendekatan value investing? Jika iya, maka dibutuhkan strategi yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah menerapkan value investing dalam berinvestasi saham.

1.             Tentukan Metode Analisis

Value investing bukanlah sebuah strategi investasi yang mudah untuk dilakukan. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan dan strategi investasi ini memang cenderung penuh ketidakpastian. Hal pertama yang harus Smart People lakukan adalah memilih metode analisis yang tepat.

Secara garis besar ada 2 jenis analisis yang bisa dipakai yaitu analisis top down dan bottom up. Analisis top down merupakan analisis yang dilakukan mulai dari hal-hal bersifat global sampai spesifik. Sementara itu analisis bottom up adalah strategi menilai saham dari bawah ke atas atau dari hal-hal yang spesifik ke hal-hal yang bersifat global.

2.             Pilih Perusahaan dengan Fundamental yang Bagus

Kunci penting dalam meraih kesuksesan investasi adalah bijak memilih saham yang masuk ke portofolio. Dalam pendekatan value investing ini, sangat disarankan untuk memilih perusahaan yang memiliki fundamental bagus. Telah disebutkan sebelumnya bahwa value investing lebih fokus pada potensi saham ke depannya itulah mengapa faktor fundamental ini sangat penting.

Smart People bisa mengetahui fundamental sebuah perusahaan dengan membaca dan menganalisis laporan keuangan terbaru. Lewat laporan keuangan tersebut, investor bisa mengetahui informasi-informasi penting terkait kondisi perusahaan. Jika kondisi keuangannya bagus dan fundamentalnya baik maka tidak ada salahnya untuk membeli saham dari perusahaan tersebut.

3.             Perhatikan Sektor yang Sedang Tren

Cobalah untuk memantau sektor yang sedang tren atau populer. Strategi ini juga banyak diterapkan oleh para investor dengan pendekatan value investing. Mereka akan melihat sektor mana yang sedang mengalami peningkatan dan memilih perusahaan dengan fundamental bagus di sektor tersebut. Hal ini akan memperbesar peluang strategi value investing berhasil.

Jika Smart People memakai aplikasi trading saham yang tepat, umumnya informasi mengenai sektor yang sedang naik daun bisa diakses dengan mudah. Selain mencari tahu sektor apa yang sedang tren, telusuri juga apa yang menyebabkan kondisi tersebut. Pastikan bahwa tren tersebut tidak hanya berlangsung dalam waktu singkat.

4.             Pahami Valuasi dan Nilai Intrinsik Saham

Jika ingin menjadi investor dengan teknik pendekatan value investing, maka penting sekali untuk memahami valuasi dan nilai intrinsik saham. Artinya, Smart People harus memahami bagaimana cara menilai harga sebuah saham. Dari sini Smart People bisa mengetahui mana saham yang memiliki potensi besar untuk terus meningkat di masa depan.

5.             Lakukan Jual Beli Saham di Waktu yang Tepat

Investor bisa mendapatkan imbal hasil yang besar jika tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli saham. Secara logika, investor harus membeli saham ketika saham tersebut undervalue dan menjualnya kembali setelah ada kenaikan harga saham. Ini akan membantu investor menerima capital gain yang cukup besar karena paham betul cara memanfaatkan waktu jual beli saham.

Mengapa Value Investing?

Teknik pendekatan value investing ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi investor. Strategi ini membantu investor mengeluarkan modal investasi terjangkau namun bisa menerima return yang besar. Apalagi jika saham yang dibeli adalah saham dari perusahaan dengan fundamental bagus dan memiliki kenaikan harga cukup besar.

Value investing ini cocok dijadikan strategi investasi jangka panjang. Cukup direkomendasikan karena memiliki risiko dan volatilitas yang lebih kecil. Hal ini terjadi karena investor tidak melakukan pembelian saham dalam satu hari lalu menjualnya di keesokan hari.

Menariknya lagi, value investing ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Investor pemula maupun profesional punya kesempatan yang sama untuk berinvestasi dengan pendekatan value investing. Hanya saja hasil akhirnya sangat dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing investor dalam melakukan analisis dan memilih saham yang tepat.

Siap berinvestasi dengan pendekatan value investing? Langsung saja gunakan aplikasi trading saham RHB Tradesmart ID yang memiliki banyak kelebihan. Aplikasi ini memberikan biaya administrasi yang ringan dan dilengkapi fitur canggih untuk analisis saham. Langsung saja unduh aplikasi RHB Tradesmart ID untuk mendapatkan beragam kemudahan investasi saham.

Sumber:

Rahmalia, N. (2022, Desember 07). Value Investing: Definisi, Metrik Analisis, Langkah, dan Tips Melakukannya. Diakses pada 23 Maret 2023 melalui https://glints.com/id/lowongan/value-investing-adalah/#.ZBw9DexBxQI.

Thionita, Virtina. (2020, Februari 18). Mau Jadi Value Investor? Pelajari Dulu Strategi Value Investing! Diakses pada 23 Maret 2023 melalui https://www.finansialku.com/strategi-value-investing/.

William, Abraham. (2022, Desember 08). Kenali Apa Itu Value Investing, Pengertian, dan Cara Kerjanya. Diakses pada 23 Maret 2023 melalui https://www.tanamduit.com/belajar/inspirasi/value-investing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *