Begini Contoh Surat Kronologis dan Kegunaannya

Ketika kamu akan mengajukan klaim asuransi kecelakaan biasanya kamu harus melengkapi beberapa dokumen penting agar kasus tersebut bisa diproses. Karena jika tidak, pencairan ganti rugi akan terhambat, terlebih jika kamu tidak bisa membuat surat kronologis yang tepat.

Surat kronologis bukan hanya untuk kebutuhan klaim asuransi, surat kronologis bisa kamu gunakan untuk bisa mengetahui urutan waktu kejadian kecelakaan lalu lintas yang dialami, dan beberapa pekerjaan bahkan membutuhkan surat kronologis kesalahan kerja saat terjadi kecelakaan kerja.

Berbagai Kegunaan dari Surat Kronologis yang Harus Kamu Ketahui

Surat kronologis sebuah kejadian merupakan sebuah bentuk laporan yang berisi runtutan peristiwa terkait suatu kejadian yang terjadi di waktu tertentu, harus diceritakan secara urut berdasarkan waktu terjadinya kecelakaan.

Surat kronologis sebuah kejadian sangat penting dalam dunia kerja ataupun untuk kepentingan pribadi. Dokumen tersebut bisa kamu gunakan sebagai pendukung dan penjelasan formal untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, diantaranya:

  1. Untuk menjelaskan berbagai kejadian kecelakaan yang terjadi pada karyawan perusahaan sehingga nantinya bisa melakukan klaim arusansi.
  2. Dapat kamu gunakan untuk menjelaskan perkara kematian seseorang.
  3. Bisa kamu gunakan untuk klaim BPJS Kesehatan pasca kecelakaan yang kamu alami.
  4. Dapat menjelaskan kronologi terjadinya penipuan.

Inilah Format Contoh Surat Kronologis yang Tepat dan Tidak Berbelit-Belit

Dalam contoh surat kronologis yang benar dan tepat akan melaporkan kejadian tertentu, dimana didalamnya terdapat beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan.

Apabila kamu membuatnnya sendiri, kamu harus memastikan bahwa kalimat yang kamu gunakan untuk menjelaskan kejadian singkat, padat dan tidak berbelit-belit. Kamu juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar pesan yang ingin kamu sampaikan diterima dengan baik.

Nah berikut ini formatnya yang bisa kamu dapat dari contoh surat kronologis kejadian:

  1. Isikan identitas individu yang terlibat dalam kejadian.
  2. Cantumkan tanggal kejadian.
  3. Tulis waktu kejadian kecelakaan atau perkara yang merugikan tersebut.
  4. Berikan lokasi kejadian kecelakaan.
  5. Jelaskan mengenai peristiwa kecelakaan secara lengkap dan urut

Apabila dalam proses pembuatan surat kronologis kamu mengambilnya dari internet, ada baiknya baca ulang isi surat tersebut. Tujuannya untuk memastikan isi dan kata-kata yang digunakan sesuai dengan kejadian yang ingin kamu sampaikan.

Itulah format contoh surat kronologis dan fungsinya yang harus kamu ketahui sebelum membuatnya. Jangan sampai salah, agar proses klaim kerugian yang kamu lakukan tidak tertolak dan lebih lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *