7 Olahraga yang Tepat Untuk Kontrol Berat Badan Ibu Hamil

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bagus untuk kesehatan dan berat badan ibu hamil. Ada banyak olahraga yang tepat untuk kontrol berat badan ibu hamil. Selain itu, olahraga untuk wanita yang sedang hamil juga tergolong ringan. Beberapa diantaranya juga ada jenis olahraga yang khusus.

Bingung memilih olahraga yang cocok? Berikut kami paparkan beberapa list olahraga yang bagus untuk menjaga berat badan ibu hamil.

Olahraga Untuk Kontrol Berat Badan Ibu Hamil

1.Jogging dan Jalan Santai

Berjalan kaki maupun lari santai atau jogging merupakan olahraga sederhana yang bagus untuk ibu hamil. Selain aman, juga murah meriah. Bisa dilakukan kapan saja. Bunda juga bisa melakukannya di sekitaran rumah.

Olahraga ini bagus untuk melancarkan kerja jantung, menjaga tubuh agar tetap bugar, dan melancarkan peredaran darah.

2.Olahraga Berenang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga ringan. Cocok untuk bunda yang tidak ingin berkeringat. Olahraga ini juga tidak mudah membuat kita merasa lelah atau capek. Pasalnya, massa tubuh kita akan berkurang ketika berada di dalam air.

Berenang juga sangat bagus dilakukan mendekati masa kelahiran. Fungsinya yaitu untuk meringankan nyeri panggul, mengatasi bengkak, dan meringankan mual.

3.Senam Untuk Ibu Hamil

Jenis olahraga ini termasuk khusus. Pasalnya hanya diperuntukan bagi ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Gerakan-gerakannya juga dikhususkan untuk membantu meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan kesiapan tubuh menjelang kelahiran.

Senam ini biasanya akan dipandu oleh seorang ahli atau instruktur. Selain itu, bunda juga bisa menirunya sendiri di rumah dengan melihat video dari Youtube.

4.Olahraga Yoga

Beberapa gerakan pada olahraga yoga diklaim bagus untuk wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Bahkan saat ini ada cukup banyak kelas yoga khusus untuk ibu hamil. Olahraga ini juga salah satu yang paling direkomendasikan.

Yoga adalah olahraga yang dapat melatih kelancaran pernapasan, mempersiapkan pinggul saat proses melahirkan, dan juga melatih kelenturan tubuh.

5.Latihan Memiringkan Panggul dan Jongkok

Untuk mempersiapkan persalinan, bunda bisa mulai melatihnya dengan jongkok dan memiringkan panggul. Latihan ini bahkan cukup sering disarankan oleh dokter kandungan, terutama pada trimester ketiga.

Caranya pun sangat mudah dan juga sederhana. Bunda hanya perlu melatih pose jongkok untuk membantu membuka panggul. Sedangkan memiringkan panggul bagus untuk memperkuat otot-otot perut dan membantu mengatasi nyeri punggung.

6.Menggunakan Sepeda Statis

Bunda juga bisa melakukan olahraga sendiri di rumah dengan menggunakan alat sepeda statis. Cocok sekali untuk bunda yang masih ingin beraktivitas sepeda tanpa harus keluar rumah.

Sepeda statis bagus untuk melatih kaki. Selain itu, alat ini juga dapat membantu melatih kaki tanpa harus menekan sendi lutut dan pergelangan. Di lain sisi, sepeda statis juga minim risiko jatuh dibandingkan dengan menggunakan sepeda biasa pada masa kehamilan.

7.Zumba Untuk Ibu Hamil

Zumba merupakan olahraga yang sudah sangat populer di Indonesia. Saat ini ada juga jenis olahraga zumba yang dikhususkan untuk ibu hamil. Manfaatnya sama seperti berenang dan juga yoga.

Zumba adalah jenis olahraga yang menyenangkan. Pasalnya, aktivitas olahraga ini biasanya dilakukan dengan iringan musik. Zumba juga sangat bagus untuk meningkatkan hormon bahagia, atau yang dikenal dengan endorfin. Selain itu, hormon tersebut juga bagus sebagai obat penghilang rasa sakit alami.

Itulah 7 cara kontrol berat badan ibu hamil dengan beberapa olahraga yang ringan. Bunda bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya. Jangan lupa juga untuk melakukannya secara rutin. Selamat mencoba.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *